Kegiatan Peraktek Siswa TKJ

kegiatan peraktek siswa tkj

Kegiatan Peraktek Siswa TKJ

Pembelajaran Pengkabelan Merakit Kabel Jaringan kelas X TKJ SMK NAMIRA TECH NUSANTARA Medan.

Kegiatan peraktik siswa tkj ini merupakan salah satu program belajar sekolah SMK Namira Tech Nusantara.

 

Gambar di atas menunjukkan kegiatan peraktek siswa TKJ SMK Namira dalam peraktek pemasangan kabel LAN (Local Area Network). Sebelumnya, saya akan menjelaskan lebih dulu apa itu LAN?

LAN (Local Area Network) merupakan suatu jenis jaringan komputer dengan mencakup wilayah local yang menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lainnya. Contoh dari jaringan LAN seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, perusahaan, warnet, maupun antar rumah tangga yang masih mencakup wilayah LAN.

Penggunaan jenis jaringan LAN memiliki beberapa keuntungan seperti,dalam kegiatan peraktek siswa tkj ini lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, lebih cepat untuk mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN. Selain memeliki beberapa keuntungan, tentu saja ada pula kergugian yang diperoleh dari penggunaan jenis jaringan LAN seperti cakupan wilayah jaringan yang lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.

Setelah mengetahui lebih banyak mengenai LAN (Local Area Network), saya juga akan menjelaskan tentang kabel LAN yang merupakan komponen penting dalam pemasangan LAN. Kabel LAN merupakan media transmisi ethernet yang menghubungkan piranti 2 jaringan dalam jaringan komputer. Maka dari itu, sangat penting untuk mengenal lebih baik mengenai kabel LAN sebelum membuat design jaringan. Design kabel jaringan yang bagus merupakan unsur pendukung yang membuat jaringan komputer LAN mudah dipelihara dan bisa diandalkan. Jadi kabel LAN sangat bermanfaat sekali dalam realitas jaringan.

Berikut ini, saya akan menuliskan beberapa tahapan dalam memasang kabel LAN ke komputer dan cara mengkoneksikannya.

  1.  Pastikan kabel LAN dan LAN card telah tersedia
  2.  Pastikan kabel tercrimping dengan benar, antara straight/cross
  3.  Pastikan LAN card tersebut terdeteksi ke sistem operasi
  4.  Jika terdetek namun tak ada driver ( terdapat tanda seru pada device manager) caranya install  drivernya dan pastikan driver tersebut berfungsi dengan baik.
  5.  Setting ip address, subnet mask, gateway dan DNS dengan cara:
  • Klik start lalu all program
  • Klik kanan properties pada network
  • Lalu pilih change adapter setting
  • Lalu pilih properties pada NIC( LAN ) yang ada
  •  setelah itu isikan ip, subnet mask, gateway, DNS secara manual jika tidak ada DHCP.

Ip address tidak boleh tabrakan atau sama dengan client lain dalam satu jaringan. Lalu tes koneksi yang telah dibuat dengan cara ping berikut ini:

  • Buka commend prompt
  • Lalu ketik ping ip tujuan ( ping 192.168.1.3) lalu tekan enter
  • Jika ada jawaban reply maka komputer telah terhubung namun jika tidak ada jawaban reply mungkin ada kesalahan dalam pemasangan kabel LAN, silahkan cek kembali pemasangan kabel nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *